3 Langkah Menjadi Kreatif

on Selasa, 13 Mei 2014
Pada saat ini industri kreatif di tanah air berkembang pesat. Industri kreatif tidak hanya meliputi masalah seni tetapi berbagai bagian kehidupan. Kita bisa melihat bagaimana televisi khusus berita membuat orang tertarik untuk tetap menonton, handphone menjadi benda yang menyenangkan untuk selalu digunakan, makanan ringan sederhana yang dipoles menjadi makanan yang sangat menarik dan berbagai produk hasil kreativitas lainnya.

Perkembangan industri kreatif ini membuat banyak orang ingin masuk ke dalamnya. Akan tetapi sebagian lainnya bingung bagaimana harus masuk ke dalam industri kreatif dan menjadi pribadi yang kreatif. Ada banyak buku, video, dan tutorial yang membahas bagaimana menjadi pribadi yang kreatif. Salah satu buku yang menarik adalah 101 Creative Notes karya Yoris Sebastian. Berikut ini bagikan sedikit penjelasan untuk menjadi kreatif dari buku tersebut.


Kreatif Dimulai Dari Mindset

Pertama kali kita harus menanamkan pada mindset kita bahwa kreativitas adalah skill yang bisa dibentuk. Kreativitas bukan hanya milik seorang seniman. Kreativitas milik siapa saja yang mau melatih skill kreativitas itu sendiri. Jadi kita harus yakin dulu kalo kita bisa menjadi individu yang kreatif.


Membiasakan Diri Untuk Kreatif

Memiliki mindset kreatif saja tidak cukup untuk menjadi kreatif. Kreativitas adalah skill yang harus dilatih. Salah satu cara melatih kreativitas adalah dengan membiasakan diri bertindak secara kreatif dalam kegiatan sehari-hari.
Melatih kreativitas dapat dilakukan dengan memperkaya kreativitas melalui berbagai media. Kita dapat melatih kreativitas dengan membaca buku, menonton film, browsing di internet, mengamati setiap aktivitas di lingkungan kita, dan masih banyak berbagai aktivitas lainnya. Setelah itu kita harus mencoba mengkespresikan kreativitas dengan berkarya pada bidang yang kita sukai. Pada awal mencoba kita akan menjiplak kreativitas orang lain. Akan tetapi kita harus bisa berkembang dan menjadi diri kita sendiri dengan memoles karya kita dengan idealisme kita sendiri
Awalnya saya suka membaca buku. Kesukaan saya untuk membaca buku membuat saya ingin mencoba menulis. Kemudian saya mencoba untuk menulis walaupun dengan pengaruh yang sangat besar dari penulis favorit saya. Akan tetapi, dengan membiasakan diri memperkaya kreativitas dan berlatih menulis, saya menjadi tahu tulisan apa yang saya sukai. Dan ketika sayang terus memperkaya kreativitas dan berlatih, saya menjadi semakin peka untuk mendapatkan tema-tema unik dari aktivitas di sekitar saya.



Menguji Kreativitas

Saat kita sudah terus memperkaya kreativitas dan berlatih, kita harus menguji kreativitas kita. Salah satu caranya dengan mengikuti berbagai kompetisi kreativitas. Tujuannya adalah untuk mengetahui sampai dimana kemampuan kita. Selain itu kita akan semakin kaya dengan skill kreativitas dari tim juri dan peserta kompetisi lainnya. Dan tidak ketinggalan kita bisa membangun jaringan dengan orang-orang yang berkecimpung pada bidang kreativitas yang sama.


Kreativitas akan terus berkembang apabila kita terus membiasakan diri untuk lebih kreatif dalam aktivitas sehari-hari. Bagi saya pribadi, tujuan dari kreativitas adalah kebahagiaan, kepuasan, dan kontribusi untuk kehidupan. Dan peningkatan finansial adalah efek yang akan mengikuti apabila kita menghasilkan karya dengan kreativitas yang jujur, ikhlas, dan ketulusan untuk melakukan yang terbaik.


0 komentar:

Posting Komentar