Gelar Dagangan Sekarang

on Selasa, 13 Mei 2014

Tulisan ini merupakan hasil saya mengikuti National Lecturer dengan 2 pengusaha terkenal sebagai pembicara yaitu Sandiaga Uno dan Saptuari Sugiharto. Inti dari acara hari itu adalah memberi motivasi generasi muda untuk berbisnis dalam meningkatkan perekonomian nasional dan berbagi pengalaman bisnis yang telah dialami pembicara. Berikut ini saya tuliskan beberapa poin yang menurut saya penting dari kedua pembicara




Enterpreuner adalah mindset
Enterpreuner adalah sebuah pola pikir dimana seseorang bisa membaca berbagai peluang di sekitar kehidupan dan mengembangkannya dengan kreativitas.

BerbisnisSesuai Passion (Minat)
Berbisnis paling mudah adalah menjalani dalam bidang yang kita minati karena kita akan selalu merasa senang dalam menjalaninya.

Contohnya Pak Sandi memiliki minat dalam dunia keuangan, ketika awal mendirikan usaha, beliau mendirikan usaha keuangan dan investasi. Mas Saptuari gemar pada desain lalu beliau mendirikan kedai digital

Fokus dan Kerja Keras
Ketika memulai bisnis, kita harus focus dengan apa yang dijalani saat ini. Jangan mudah untuk berpindah ke lain hati (mencoba bisnis lain). Bangun bisnis Anda sampai mapan terlebih dahulu baru berkembang ke bisnis lainnya. Dalam membangun bisnis kita perlu kerja keras untuk mendukung focus kita. Sebagai contohnya kita lebih dulu datang ke tempat kerja sebelum karyawan datang dan pulang setelah karyawan datang.

Bisnis Tanpa Modal
Permasalahan klasik seseorang dalam berbisnis adalah modal. Permasalahan utama justru ada pada bagaimana kita membaca peluang dan membangun networking. Ketika kita telah menemukan peluang bisnis maka saatnya kita memanfaatkan networking kita. Salah satu manfaat dari networking adalah kita mendapatkan modal dari orang orang yang mau menginvestasikan uangnya tanpa kita harus berhubungan dengan bank.

 Masa muda merupakan waktu yang paling tepat untuk berbisnis karena pada saat itu kreativitas berpikir sangat baik. Tidak perlu malu dan tidak perlu takut untuk memulai karena berbisnis sama seperti layaknya orang sekolah. Kesempatan orang untuk lulus sekolah sama besarnya dengan orang sukses berbisnis dan kesempatan orang tidak lulus sekolah sama besarnya dengan orang gagal berbisnis karena semua tergantung tingkat kesungguhan tiap pribadi yang menjalaninya.

Kata Mas Saptuari Mulai sekarang, Jangan menunggu gelar! Lebih penting gelar dagangan..!!

Sumber Gambar

0 komentar:

Posting Komentar